Home » , » Team EURO 2012 - Rep. Ceko

Team EURO 2012 - Rep. Ceko

 
 
Republik Ceko
  • Asosiasi
    FACR
  • Julukan
    Nároďák
  • Pelatih
  • Kapten
    Tomas Rosicky
  • Caps
    Karel Poborsky (118 caps)
  • Top Skor
    Jan Koller (55 gol) Piala Eropa (1976 - Masih bernama Cekoslowakia)
  • Juara
Fans Republik Ceko masih menunggu kapan tim mereka bisa membuat kejutan besar lagi seperti di Piala Eropa 1996, ketika mereka menjadi runner-up, yang menandai lahirnya sebuah generasi emas dalam diri Pavel; Nedved, Karel Poborsky, Patrick Berger, dan lain-lain.

Faktanya, setelah itu rapor mereka di turnamen besar tidaklah impresif kecuali di Euro 2004, saat mereka mampu menembus babak semifinal.

Ceko bahkan tidak lolos ke Piala Dunia 1998 dan 2002, hanya sampai satu putaran di Piala Dunia 2006, dan kembali absen di Afrika Selatan dua tahun lalu.

Di Piala Eropa terakhir (2008) Milan Baros dkk. juga terkapar di babak grup, hanya menang satu kali dan kalah dua kali dari Portugal dan Turki.

Menyusul pengunduran diri Ivan Hasek setelah gagal meloloskan negaranya ke Piala Dunia 2010, federasi menunjuk eks pelatih Sparta Praha, Michal Bilek, untuk menukangi Ceko, dibantu oleh mantan pemain Vladimir Smicer.

Perjalanan Ceko di babak kualifikasi Euro 2012 sesungguhnya tidak terlalu mulus, antara lain karena mereka satu grup dengan Spanyol. Sesuai prediksi, skuad Matador yang menjuarai grup. Ceko, yang cuma menang empat kali dan kalah tiga kali dari delapan pertandingan, harus melakoni pertandingan playoff melawan Montenegro, dan mereka beruntung bisa melewatinya.

Ceko berada di Grup A bersama tuan rumah Polandia, Yunani, dan Rusia. Secara matematis, persaingan di antara mereka akan berlangsung ketat sebagai sesama tim "kuda hitam" di belantika sepakbola Eropa.

Ceko memang masih punya nama-nama top seperti Petr Cech, Milan Baros, Tomas Rosicky, dan Jaroslav Plasil. Namun, mereka dan rekan-rekannya masih perlu membuktikan apakah Ceko kali ini mampu berbicara banyak di Euro. 


Semoga bermanfaat

Sumber : detikSport.com
Share this article :

Blog Archive

 
Copyright © Celebritys Strip - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger