Home » , » Kroasia Kalahkan Irlandia

Kroasia Kalahkan Irlandia


 
Poznan - Kroasia menang 3-1 atas Republik Irlandia di laga Grup C Piala Eropa 2012. Mario Mandzukic menjadi pahlawan kemenangan Kroasia dengan mengemas dua gol yang membuatnya menyamai torehan bintang masa lalu Kroasia, Davor Suker.
Pada laga yang berlangsung di Municipal Stadium, Senin (11/6/2012) dinihari WIB, Mandzukic sudah membuat Kroasia memimpin saat laga belum genap berjalan tiga menit.

Sean St. Ledger sempat menyamakan kedudukan, tetapi Nikica Jelavic membuat Kroasia unggul lagi sebelum akhirnya Mandzukic memastikan kemenangan jadi 3-1.

Berikut beberapa data dan fakta pertandingan tersebut seperti dikutip dari Infostradalife.

- Kroasia memperpanjang catatan tak terkalahkan di laga pembuka Piala Eropa: 3 menang dan 1 kali seri

- Ini adalah kekalahan kedua Irlandia dengan selisih dua gol atau lebih. Pada Piala Dunia 1994, mereka kalah 0-2 dari Belanda.

- Mandzukic bikin gol saat menit menunjukkan 2:38. Ini merupakan gol tercepat keenam di sejarah Piala Eropa (Dmitri Kirichenko, Sergei Aleinikov, Alan Shearer, Michael Owen, Hristo Stoichkov).

- Mandzukic menjadi pemain kedua Kroasia yang mengemas dua gol untuk di sebuah pertandingan Piala Eropa atau Piala Dunia, sejak Davor Suker lawan Denmark pada tahun 1996.

- Gol kedua Mandzukic adalah gol sundulan ke-100 (mengecualikan gol bunuh diri) di dalam sejarah Piala Eropa.

- Ini merupakan partai Piala Eropa ke-4 yang memunculkan tiga gol dari sundulan kepala. Sejak laga Portugal lawan Jerman yang berakhir 2-3 pada tahun 2008, hal itu baru terjadi lagi kali ini.

- Giovanni Trapattoni menjadi pelatih tertua dalam sejarah Piala Eropa, dengan usia 73 tahun 85 hari. Ia melewati Emerici Jenei (Rumania). Trapattoni lahir pada 17 Maret 1939 pada hari libur nasional Irlandia, St. Patrick's.

- Trapattoni bergabung dengan Guus Hiddink dan Dick Advocaat (sama-sama menangani Belanda dan Rusia) yang sudah menangani dua negara pada dua edisi Piala Eropa. Pada tahun 2004 Trapattoni menangani Italia.

- Starting line-up Irlandia adalah yang tertua di turnamen sejauh ini (30 tahun dan 149 hari).

Sumber : sport.detik.com
Share this article :

Blog Archive

 
Copyright © Celebritys Strip - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger