Home » , » Team EURO 2012 - Denmark

Team EURO 2012 - Denmark

 

 
Denmark
  • Asosiasi
    DBU
  • Julukan
    Danish Dynamite
  • Pelatih
  • Kapten
    Daniel Agger
  • Caps
    Peter Schmeichel (129 caps)
  • Top Skor
    John Dahl Tomasson & Poul Nielsen (52 gol)
  • Piala Eropa
  • Juara
    (1992)
Denmark mulai dijuluki "Tim Dinamit" sejak tampil impresif di Piala Dunia 1986. Ketika itu Preben Elkjaer, Soren Lerby, dan Michael Laudrup berjaya di babak pertama dengan menekuk Skotlandia (1-0), Uruguay (6-1), dan Jerman Barat (2-0). Mereka baru dijinakkan Tim Matador Spanyol (5-1) di perdelapanfinal berkat empat gol yang dibuat Emilio "Burung Nazar" Butragueno.

Enam tahun kemudian dinamit Denmark meledak di putaran final Piala Eropa 1992. Mereka tampil sebagai kampiun setelah mengalahkan dua raksasa sepakbola Eropa: Belanda di semifinal dan Jerman di final. Ini tentu prestasi yang luar biasa mengingat tim ini datang sebagai pengganti, menyusul keputusan FIFA dan UEFA mendiskualifikasi Yugoslavia sehubungan perang yang berkecamuk di wilayah Balkan.

Sejak itu "ledakan" Denmark cenderung menurun. Usai memenangi gelar paling bergengsi se-Eropa, Denmark tenggelam. Mereka tak lolos Piala Dunia 1994; terhenti di perempatfinal Piala Dunia 1998; dan kembali kandas di babak pertama Piala Eropa 2000. Di Piala Dunia 2002 Brian Laudrup dkk kandas di babak II karena ditekuk Inggris 0-3.

Denmark membaik di Euro 2004 dengan mencapai babak perempatfinal, namun harus meratapi nasib tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2006 dan Euro 2008.

Dua tahun lalu Denmark berhasil menembus Piala Dunia di Afrika Selatan, tapi performanya tidak cukup bagus. Mereka kalah dari Belanda, menang dari Kamerun, tapi kalah lagi dari Jepang di pertandingan ketiga grup, dan itu membuatnya masuk kotak.

Di babak kualifikasi Piala Eropa 2012 Denmark cukup beruntung tidak berada di grup yang ketat. Tim favorit di Grup H, Portugal, pun tidak terlalu impresif. Hasilnya, meski sempat kalah di pertandingan kedua di kandang Portugal, Dennis Rommedahl dkk. bisa memenangi persaingannya pula dengan Norwegia, Islandia dan Siprus.

Tim asuhan Morten Olsen memastikan diri lolos ke Polandia-Ukraina dengan mengalahkan Portugal 2-1 di kandang sendiri di pertandingan terakhir grup.

Berada di grup maut bersama Jerman, Belanda, dan Portugal, Denmark mungkin diprediksi sulit lolos. Namun karakter Denmark tetaplah sama: mereka tipikal tim Skandinavia yang gigih di lapangan, berani bertempur, dan tentu saja memiliki peman-pemain bagus, yang telah ditempa di kompetisi ketat di Eropa.

Road to Poland-Ukraine

vs Islandia (H) 1-0
vs Portugal (A) 1-3
vs Siprus (H) 2-0
vs Norwegia (A) 1-1
vs Islandia (A) 2-0
vs Norwegia (H) 2-0
vs Siprus (A) 4-1
vs Portugal (H) 2-1




Semoga bermanfaat

Sumber : http://sport.detik.com/
Share this article :

Blog Archive

 
Copyright © Celebritys Strip - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger